Bunda, Begini Cara Memandikan Bayi Yang Baru Lahir

Cara Memandikan Bayi – Memandikan bayi baru lahir? Memandikan bayi baru lahir memang seringkali membuat banyak orang tua merasa berkecil hati. Utamanya ketika pada minggu – minggu pertama saat sisa tali pusarnya masih belum puput atau belum putus. Mungkin termasuk Anda juga saat ini mengalami putus asa dalam memandikan bayi baru lahir?

Jangan lagi ya 🙂 pada dasarnya banyak dokter yang menyarankan ketika Anda memandikan bayi baru lahir tidak dengan cara Anda guyur atau Anda rendam tubuhnya di bak mandi. Anda coba saja seka dan waslap saja tubuh bayi karena akan jauh lebih aman dibandingkan dengan dimandikan pada bak mandi atau diguyur air. Lebih jelasnya soal tips prosedur yang tepat dalam cara memandikan bayi agar wangi, bisa Anda simak informasi lengkapnya berikut ini 🙂


8 Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Yang Benar

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Bagi Anda yang masih ragu dan ingin tahu detail tips prosedur tepat cara memandikan bayi yang baru lahir, beberapa cara yang perlu Anda lakukan diantaranya :

  • Pertama-tama Anda siapkan dulu peralatan yang dibutuhkan diantaranya air hangat dalam baskom ukuran sedang, sampo dan sabun bayi, waslap dan juga handuk bayi.
  • Kemudian Anda buka bajunya secara perlahan dan Anda bungkus dengan handuk dan kemudian Anda baringkan diatas alas anti air.
  • Anda bisa coba tutupi bagian tubuhnya yang sedang tidak Anda bersihkan dengan handuk supaya tidak kedinginan bayi Anda.
  • Kemudian Anda coba bersihkan kelopak mata bagian atas secara perlahan dengan menggunakan waslap yang telah Anda rendam dengan air hangat dan telah Anda peras.
  • Usap telinga bayi Anda bagian luar kemudian Anda bersihkan dengan waslap lipatan-lipatan di leher, tangan dan kakinya.
  • Anda bisa beri sedikit shampo di waslap dan kemudian Anda gosokkan sampai keluar busanya. Perlahan Anda usap pada kepala si kecil dan bersihkan waslap kemudian usap lembut kembali kepala bayi Anda sampai tak ada busa sedikitpun yang tersisa.
  • Dalam membersihkan daerah kelamin bayi, Anda bisa bersihkan dari arah depan ke arah belakang. Dan jika bayi Anda laki-laki tak perlu menarik ujungnya cukup Anda bersihkan bagian luarnya saja.
  • Lanjutkan dengan mengenakan popok, pakaian dan selimut bayi.

Itulah beberapa cara memandikan bayi agar tidak menangis yang bisa Anda coba. Semoga informasi parenting di atas bermanfaat ya bunda 🙂


Leave a Reply