Penanganan Penyakit Ginjal : Rekomendasi Diet

Penanganan Penyakit Ginjal – Sebagai salah satu organ terpenting di dalam tubuh, ginjal berguna untuk menyaring caran yang berlebih dan juga kotoran dari dalam darah. Kotoran dan juga sisa cairan tersebut lalu dikeluarkan melalui urine. Lantas, bagaimana bila Anda alami penyakit ginjal dan juga fungsi organ tersebut tak lagi optimal, atau yang lebih parahnya lagi tidak berfungsi? Maka carian yang ada pada taraf yang sangat berbahaya, elektrolit atau kotoran akan menumpuk di dalam tubuh Anda.

Mungkin saja pada tahapan awal, gejala dari gangguan ginjal ini tidak begitu terlihat, akan tetapi bila sudah mencapai tahapan yang lebih lanjut lagi, atau yang biasanya disebut dengan penyakit ginjal kronik, maka fungsinya akan alami gangguan yang sangat signifikan. Lalu, bagaimana cara mengobati penyakit ginjal tersebut? Simak yuk ulasan ini dulu.



Mengobati penyakit ginjal : Rekomendasi diet

Penanganan Penyakit Ginjal

Perlu Anda tahu nih bahwasannya pengobatan terhadap jenis penyakit ginjal tersebut pada dasarnya lebih difokuskan untuk bisa memperlambat perkembangan penyakit, yakni dengan cara kendalikan penyebab-penyebab penyakit ginjal tersebut. Umumnya para dokter akan merekomendasikan kepada pasien atau penderita penyakit ginjal tersebut dengan makanan atau pun jalankan diet khusus untuk dukung kinerja ginjal dan juga mengurangi bebannya. Nah, di bawah ini adalah beberapa anjuran yang sering sekali diberikan para dokter untuk penderita penyakit ginjal.

  • Silakan Anda hindari makanan dengan kandungan garam tambahan yang terlalu tinggi, atau sebisa mungkin Anda hindari makanan dengan garam tambahan. Mulai menurunkan asupan garam Anda dengan cara menghindari makanan yang mengandung garam tambahan tersebut, seperti halnya makanan yang siap saji atau instan, makanan beku, sup kalengan, dan juga beberapa makanan kemasan yang lainnya, termasuk sayuran kalengan, snack, atau pun daging serta keju olahan.
  • Konsumsi makanan yang rendah potassium. Hindarilah makanan yang di dalamnya mengandung potassium tinggi, seperti halnya pisang, jeruk, tomat, kentang, dan juga bayam. Semantara itu, Anda juga sangat dianjurkan sekali untuk konsumsi makanan yang berpotassium rendah, seperti halnya wortel, apel, anggur, kacang hijau, kubis, dan juga blueberry. Akan tetapi, pastinya makanan yang Anda konsumsi tersebut tidak diberikan garam tambahan.
  • Kurangilah asupan protein. Minta anjuran batas maksimal mengkonsumsi protein yang dibolehkan buat Anda pada dokter. Makanan yang kaya protein diantaranya, telur, daging, susu, kacang-kacangan, dan keju.

Baca juga: Mengenal Gejala Penyakit Ginjal

Demikianlah penanganan penyakit ginjal rekomendasi diet yang bisa kami informasikan. Semoga informasi seputar penyakit di atas bermanfaat 🙂

Leave a Reply