Penyebab Cegukan Tidak Berhenti-berhenti

Penyebab Cegukan Tidak Berhenti-berhenti – Diantara Anda ada yang pernah mengalami cegukan? Cegukan sendiri memang salah satu kondisi yang sering terjadi di masyarakat bahkan banyak orang yang mengalaminya. Sampai saat ini banyak orang yang kurang tahu apa saja penyebab cegukan. Kebanyakan orang berkata kalau cegukan ini adalah tanda bahwa ada yang membicarakan tentang dirinya atau masih banyak yang lain (mitos orang Jawa

Akan tetapi sebenarnya cegukan ini merupakan salah satu kondisi medis yang mengindikasikan terjadi sesuatu pada tubuh kita. Ada beberapa aspek yang menjadi penyebab mengapa cegukan bisa muncul. Cegukan ada yang berlangsung dalam waktu sebentar bahkan ada yang tidak berhenti – berhenti. Cegukan apapun jenisnya utamanya cegukan yang tidak berhenti – berhenti tentu harus segera dihindari. Namun Anda juga harus tahu penyebabnya mengapa hal ini bisa terjadi. Apa saja penyebab cegukan tidak berhenti – henti?



Penyebab Cegukan Tidak Berhenti – Berhenti

Penyebab Cegukan Tidak Berhenti-berhenti

Rusaknya pembuluh darah di otak

Rusaknya pembuluh darah di otak

Ketika pembuluh darah di otak mengalami kerusakan memang akan dapat memicu cegukan yang tak kunjung berhenti. Kondisi ini dalam istilah medis sering disebut dengan stroke iskemik yang merupakan salah satu kasus kerusakan pembuluh darah di otak dengan tanda cegukan berkepanjangan. Anda yang berusia lanjut dan sering cegukan berkepanjangan tentu harus waspada karena bisa jadi Anda mengalami kondisi stroke iskemik ini. Segera periksa dan cari solusinya.

Gangguan jaringan sepanjang jalur saraf perifer

Gangguan jaringan sepanjang jalur saraf perifer

Gangguan jaringan yang terjadi ini bisa meliputi berbagai macam kondisi. Dan kondisi yang pertama adalah ketika penderita sarkoidosis kelenjar getah bening mediastinum. Selain itu infiltrasi tumor pada diafragma juga dapat menjadi salah satu penyebab mengapa cegukan tidak kunjung berhenti. Berdasarkan penelitian sebanyak 27% penderita kanker tenggorokan bisa mengalami cegukan berkepanjangan sampai 48 jam.

Gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan

Penyakit yang ada kaitannya dengan asam lambung ini memang salah satu gangguan pencernaan yang bisa ditandai dengan gejala cegukan tak berhenti – berhenti. Bahkan berdasarkan penelitian disebutkan sebanyak 8% pria dan 10% wanita yang menderita GERD mengalami gejala cegukan yang berkepanjangan. Kemudian ditandai juga dengan nyeri di ulu hati dan bau mulut yang kurang sedap.

Baca juga: Penanganan Penyakit Ginjal

Demikian beberapa Penyebab Cegukan Tidak Berhenti – Berhenti yang Anda harus tahu. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda. Yuk jaga kesehatan Anda selalu. Semoga informasi seputar penyakit di atas bermanfaat 🙂



Leave a Reply